Asam Pedas Ikan Sembilang Melayu – Apakah kalian sudah mencoba mencicipi atau mencoba  kuliner khas yang bernama Asam Pedas Ikan Sembilang Melayu ini? Bila belum, maka kalian layak mencoba atau mencicipi kuliner yang satu ini untuk hidangan makan malam kalian sekeluarga atau bersama teman-teman kalian. Sebenarnya kuliner khas Melayu ini asalnya dari daerah pulau Bintan. Tetapi kuliner ini bisa ada di daerah-daerah yang memiliki perairan yang cukup luas juga karena suasana atau kondisinya memang sangat mendukung makanan berbahan dasar ikan ini.

Ikan sembilang yang merupakan bahan dasar kuliner yang sedang dibahas ini adalah jenis dan bentuknyapun sama persis dengan ikan lele yang ada di air tawar. Bedanya dari ikan sembilang ini adalah hidup di air laut dan memiliki rasa yang lebih gurih dan kenyal. Maka dari itulah, banyak kedai makan di pulaua Bintan, Batam dan sekitarnya ini yang menjual menu masakan ikan Sembilang ini, bahkan menjadikannya sebagai menu utama atau menu unggulan dari kedai-kedai yang berada di daerah itu.

Baca juga – Mie Tarempa, Kuliner Mie Khas Orang Kepulauan Riau Yang Enak di Lidah

Kuliner Melayu khas Bintan dan Batam yang bernama Asam Pedas Sembilang ini berbahan dasar ikan Sembilang, bumbu rempah kunyit, serai, lengkuas, bawang dan cabe segar. Cara proses pembuatan menu makan khas Asam Sembilang ini termasuk mudah. Pertama, ikan Sembilang  dicuci bersih kemudian dimasukan ke dalam wadah wajan atau panci yang sudah berisi air rebusan bumbu rempah kunyit, kemudian masak sampai kental airnya dan masukkan cabe, lengkuas dan serai dan bumbu penyedap masakan kemudian aduk sebentar sampai merata lalu diamkan sejenak sampai air kuah mendidih dan mengental.

Penyajian menu kuliner Asam Pedas Sembilang ini cukup mengundang selera dengan tampilan ikan dengan kuah kuning kental yang kaya rasa akan bumbu rempah, terutama rasa asam pedasnya yang cukup memanjakan indera pengecap pada lidah kita. Masakan ini biasanya disajikan dengan sepiring nasi putih hangat. Kuliner khas yang bernama Asam Pedas Sembilang ini sebenarnya banyak disediakan di berbagai restoran atau kedai makan di berbagai kota di Indonesia, terutama di pulau Sumatra. Bahkan sering menjadi menu utama dalam daftar menu makanan restoran atau kedai tersebut. Hal ini sangat wajar karena mengingat masakan ini memiliki citra rasa dan kaya gizi.

Menu masakan Asam Pedas Sembilang ini banyak mengandung zat besi dan protein tinggi hingga sangat menyehatkan bila mengkonsumsinya. Jadi kuliner Asam Pedas Ikan Sembilang Melayu ini sangat cocok bila dijadikan menu makan malam bersama keluarga ataupun teman-teman kalian, sobat muda. Bila sedang di bulan Ramadhan, makanan khas ini juga sangat cocok untuk hidangan berbuka puasa, terutama bila sobat muda sedang berkumpul dengan seluruh anggota keluarga. So, tertarik untuk mencobanya, guys?

sumber: https://wikepo.com/kuliner/asam-pedas-ikan-sembilang-melayu-hidangan-makan-malam-yang-berprotein-tinggi-dan-nikmat-4759

Tinggalkan Balasan