Nikmatnya Sambal Belacan  #1

0
616 views

Jangan dikira, olahan serba minim ini tidak mampu membuat anda jatuh hati, bahkan santapan yang hanya sejumput ini mampu membuat anda berkali-kali ketagihan untuk nambah-dan nambah lagi. Namanya sambal belacan, dengan paduan yang khas racikan orang melayu.

Membuatnya sangat mudah, beberapa petik cabai rawit, ditambah garam secukupnya dan racikan khusus dari udang rebon yang sudah hancur dalam wadah penumbuk yang namanya sangat familiar di telinga, yakni lesung batu. Ya… racikan itu dilumatkan sedemikian rupa yang diiringi suara khas, tuk…tuk…tuk mampu mengetuk lambung untuk kembali lapar.

Tidak diketahui pasti, siapa sebenarnya penemu sambal sederhana nan istimewa ini, tapi yang jelas didalam kehidupan orang-orantg melayu, sambal belacan sudah menjadi persebatian yang takkan mungkin bisa dipisahkan. Saking lengketnya peradaban sambal belacan tersebut hingga mampu menetaskan beragam model dan jenis yang cukup banyak.

Tapi ketahuilah, sebanyak apapun nama-nama sambal yang dimiliki oleh orang melayu, tetap saja berinduk kepada sambal belacan dengan racikan sederhana tersebut. Ibarat peradaban manusia, sambal belacan bisa kita umpama dengan istilah homosapiensnya para sambal. Tak kira apakah dia sambal bilis, sambal nenas, sambal pelam, sambal asam dan sebagainya itu hanyalah turunan dari DNA si sambal belacan.

Saya bocorkan sedikit, tentang racikan purba yang melegenda ini

Racikan sambal belacan untuk porsi makan 2 pinggan:

  1. Lade kecik (cabai rawit) 9-11 buah
  2. Garam 1 sendok teh
  3. Belacan 1 ulas/ sesuai selera

Cara membuat:

Cuci bersih cabai, kemudian tumbuk keseluruhan racikan di atas dalam lesung batu hingga halus.

Selamat… anda sudah berhasil menjaga tradisi purba yang melegenda dan menggoda selera, sila santap kenikmatan sambal belacan, dan pastikan baca bismillah. *** (JM)

Tinggalkan Balasan