Tanjungpinang – Grup musik Etnik kontemporer Kepulauan Riau, Samudra Ensemble merampungkan video klip kedua dari lagu bertajuk Progressive Makyong. “Karya ini kami angkat dari lagu tradisi teater Makyong Bintan , Kepulauan Riau” ungkap Supriyadi Hasanin, Penggesek Biola sekaligus ketua Samudra Ensemble yang akrab dikenal dengan nama panggung Adi Lingkepin kepada Jantungmelayu.

Tujuan mengangkat lagu Makyong ini menurutnya adalah sebagai upaya pelestarian dan penjagaan terhadap tradisi, lalu sebagai pengembangan terhadap tradisi itu sendiri supaya setara dengan kesenian modern tanpa menghilangkan jati diri dan nuansa asli.

“Samudra mengemas Makyong ini dengan balutan musik progressif, sekaligus pembuktian bahwa ruh kesenian kepri mampu merasuk ke ranah digital dan modern” ujar lelaki asal Dabo yang kini bermastautin di Tanjungpinang ini.

Adi berharap dukungan kepada semua pihak agar Samudra Ensemble dapat terus berkarya. “Kami mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan seniman yang telah menginspirasi, terlebih lagi kumpulan Makyong Bintan. Progressive Makyong ini juga didedikasikan kepada leluhur seniman Makyong yang telah berpulang” tuturnya.

Videoklip Progressive Makyong ini dapat ditonton di Kanal Youtube Samudra Art Production atau silahkan klik putar pada tautan berikut.  (Adi Pranadipa untuk jantungmelayu.com)

 

Tinggalkan Balasan