kekayaan resep masakan nusantara, khususnya melayu seperti tidak habis digali dan diingat, kalaupun harus diarsipkan secara tertulis, tentu membutuhkan ribuan rim kertas dan atau sekian tera memori digital.

Ragam menu dan lauk pauk seperti deretan pawai panjang dalam ingatan yang memberikan daya pikat bagi setiap orang yang mengenangnya kembali.
Kali ini mari mencoba untuk menjajab masakan ayam masak merah, karena menurut kabar yang tersebar, masakan tersebut sudah sangat langka dijumpai di kedai-kedai penjual lauk dan atau rumah makan.

Ayam Masak Merah

Ayam masak merah adalah salah satu menu yang cukup menggoda, karena selain sulit cara pengolahannya, tidak banyak juga pedagang kuliner yang memamerkan lauk yang satu ini.

Ayam Masak Merah, yang sangat populer bagi lidah orang melayu.
sesuai dengan namanya, Ayam Masak Merah ini memiliki tekstur warna dengan rona merah pekat, cukup menggugah nafsu makan hanya dengan tampilan warnanya.
kejutan lainnya dari kuliner khas negara Jiran Malaysia ini adalah kuahnya yang memiliki tekstur pekat dan lengket.

Suminah (43) merupakan salah satu koki dibalik Ayam Masak Merah yang dipajang pada salah satu lapak dagangannya di Kampung Bugis-Tanjungpinang, dia mengaku mendapatkan resep tersebut langsung dari tempat asalnya,”saya 10 tahun lebih kerja disana (Malaysia, red) tuan rumah memang sangat suka makan lauk ini, sebab itulah bisa buatnya,” terangnya menjelaskan asal mula perjalanannya menjadi koki khas masakan melayu ini.

Minah mengaku bahwa tidak semua orang bisa membuat Ayam Masak Merah tersebut, sebab harus punya insting khusus untuk mengetahui waktu yang tepat dalam menakar air, “kalau terlalu kering jadinya asam masak belade, kalau terlalu basah nanti jadi ayam gulai pedas, mesti pandai-pandailah, hehe” jelasnya dengan sedikit malu.

ayam masak merah, racikan Minah

jika di cicip, paduan kuah yang kental itu semakin khas terasa di lidah ketika cita rasa kayu manis, cenkeh dan kapulaga berpadu menjadi satu, begitu juga dengan tekstur daging empuk semakin nikmat dengan paduan merica, garam, kunyit yang sudah dibalur 30 menit hingga 1 jam terlebih dahulu sebelum dimasak.

cukup dengan nasi hangat, sepotong daging ayam padat bumbu dan tumpahan kuah kental manis pedas yang disertai potongan kecil nanas, mampu membuat pikiran terlempar jauh ke dimensi timur tengah, “kalau disana, memang orang makan dengan nasi minyak, lawannya teh tarek sejuh, kusssemangat, bepeluh-peluh badan,” jelas Minah terkenang suasana para penikmat ayam masak merah di Malaysia.

masakan minah tampaknya mampu membuat rindu semakin bergairah akan kampung halaman, sayup kenangan masa kecil kembali tersibak dalam setiap gigitan daging Ayam Masak Merah. adakah yang sudah merasa Ayam Masak Merah? awas KEMPUNAN. ***

Tinggalkan Balasan