Gubernur pertama Kepri, Ismeth Abdullah adalah menantu gubernur pertama Riau. (foto: wartakepri.co.id)

Bermenantukan Gubernur Pertama Kepri

Mengenal SM Amin, Gubernur Pertama Riau ketika Beribukota di Tanjungpinang

SEMUA orang tahu, Ismeth Abdullah adalah gubernur pertama ketika Provinsi Kepulauan resmi berdiri. Fakta menariknya, adalah Ismeth adalah menantu SM Amin yang merupakan gubernur pertama Riau ketika beribu kota di Tanjungpinang.

Sebagaimana dikutip dari piramidnews.com, Ismeth cukup berkesan dengan sejarah yang berulang itu.

“Tempat pelantikan saya sebagai Gubernur Kepri sama persis dengan orang tuanya Ibu Aida (anak perempuan SM. Amin) ketika dilantik jadi Gubernur Riau yakni di teras Gedung Daerah,” kenang Ismeth.

Sebuah karunia yang, kata Ismeth, tidak pernah disangkakan akan terjadi dalam sepotong episode kehidupannya.

Baca Juga: SM Amin, saksi mata dan tokoh sumpah pemuda

Masih dikutip dari sumber yang sama, Siti Aida Zulaikha, istri Ismeth, mengenang sosok ayahnya sebagai pribadi yang enggan memanfaatkan jabatannya untuk kesenangan pribadi.

“Sepulang kerja dari kantor, mobil dinas ayah kami sudah di parkir di garasi rumah. Kami tidak boleh memakainya untuk kepentingan lain. Waktu kecil kami ke mana-mana jalan kaki, naik sepeda atau angkot jika mau jalan-jalan. Kalau naik mobil dinas, bisa dihitung dengan jari,” kenang Aida.

Presiden Soekarno diketahui cukup dekat dengan SM. Amin. Aida mengonfirmasi hal tersebut. Bahwasanya ayahnya ini termasuk barisan orang yang disegani Bung Karno. “Banyak pejuang beraliran keras dipenjarakan Bung Karno karena dianggap berseberangan dengan dirinya. Namun ayah “aman-aman” saja itu alias tidak disentuh oleh Bung Karno,” kenang Aida.

Bahkan konon, ketika Presiden Sekarno sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Tanjungpinang, SM Amin adalah orang bisa marah kepadanya. “Cerita dari Bu Aida, SM Amin sampai tidak mau keluar kamar karena Soekarno pesta dansa di Gedung Daerah dengan istri barunya,” tutur Wakil Ketua DPRD Kepri, Husnizar Hood, yang dikenal cukup dekat dengan keluarga Ismeth Abdullah.***

Tinggalkan Balasan