JK: Melayu Bangsa Pemersatu

0
273 views

WAKIL Presiden Jusuf Kalla tiba di Daik, Lingga, Minggu (19/11) kemarin. Orang nomor dua di negara ini hadir berkenaan helatan pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa senyampang syukuran penetapan Sultan Mahmud Riayat Syah sebagai pahlawan nasional.

Dalam kunjungannya ke Bunda Tanah Melayu, Wapres Kalla mengingatkan arti penting Melayu bagi Indonesia. “Melayu adalah pemersatu bangsa ini,” ucapnya.

Bukan tanpa sebab atau sekadar mengulang romantisme Melayu dan Bugis, darah yang mengalir di nadi Kalla. Namun, Wapres justru menyinggung elemen penting bangsa ini berupa bahasa nasional yang berbiang dari bahasa Melayu Kepulauan Riau.

Kata Wapres Kalla, bahasa pemersatu ini menegaskan keistimewaan Indonesia sebagai sebuah negara. Tidak banyak di dunia, kata dia, negara yang bisa punya satu bahasa nasional di tengah keragaman bahasa daerah.

“Budaya Melayu telah memberi andil sangat besar kepada bangsa negara kita. Bagaimana bahasa Melayu telah menjadi bahasa nasional bangsa ini. Walau bangsa Melayu bukan suku terbesar di Indonesia, tetapi semua sepakat untuk menggunakannya,” tegasnya.***

Tinggalkan Balasan