MENJELANG Hari Raya Idulfitri atau Aidil Fitri, iklan-iklan Hari Raya dari Malaysia selalu hilir mudik di televisi siaran Malaysia dan media sosial.

Dibandingkan Indonesia dan Singapura, iklan-iklan Hari Raya Malaysia yang umumnya diproduksi sebagai Iklan Layanan Masyarakat dari berbagai Entitas Lembaga baik BUMN, Swasta atau Pemerintah selalu memiliki daya tarik visual dan cerita yang menarik, tidak hanya bagi penonton dari kalangan Malaysia sendiri, namun sampai juga ke hadapan penonton Indonesia.

Bagi masyarakat Kepulauan Riau, terutama Tanjungpinang, iklan hari raya dari malaysia sudah sangat akrab sekali.

Hal ini mungkin disebabkan jangkauan siaran Kanal Radio Televisi Malaysia (RTM) seperti chanel TV1, TV2, TV3 sudah akrab mengisi kanal-kanal TV di kalangan Masyarakat Tanjungpinang sejak dahulu. Takdir geografis dan budaya memungkinkan hal demikian.

Iklan Hari Raya Malaysia dengan elemen kultur melayu tentu sangat akrab bagi masyarakat Tanjungpinang dan Kepulauan Riau. Nilai budaya melayu yang ditampilkan dalam iklan-iklan tersebut seperti tradisi berbaju kurung dan sampin di pagi raya, tradisi hari raya di kampung halaman,  membuat iklan-iklan ini sangat membumi di kalangan masyarakat Kepri.

Perkembangan zaman digital dengan munculnya media sosial membuat ruang siar iklan-iklan hari raya khas malaysia ini menjadi lebih luas. Kanal Youtube salah satunya. Konten Youtube yang dibagikan ke jejaring sosial facebook melipat-gandakan pemirsa yang menonton Iklan Hari Raya ini.

Menyambut Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriyah yang jatuh pada 1 Syawal, berikut kami pilihkan iklan-iklan Hari Raya terbaik Malaysia di tahun 2018 ini yang disadur dari kanal youtube;

11. Raya Epik Fantastik – Produksi Tenaga Nasional Berhad

22. Setia di Sampingmu – Produksi SP Setia (Property Malaysia)

Tinggalkan Balasan