Sumber foto : http://www.azhan.co/resepi-kuih-buah-melaka-onde-onde-turun-temurun/

Buah Melake adalah juadah kue yang khas di negeri-negeri melayu, termasuk Kepulauan Riau.

Kue yang berbentuk bulat ini identik dengan warna hijau. Darimana gerangan warna hijau itu berasal? Air perasan daun pandan adalah jawabnya. Air perasan daun pandan seringkali menjadi pilihan karena bersifat alami, tanpa bahan pengawet yang biasa ditemui di pewarna buatan.

Kue kenyal ini dibuat dengan cara direbus. Setelah direbus dan berbentuk bulat, baru kemudian ditengahnya diisi gula merah.

Kemudian, setelah selesai diisi gula merah, Buah melake ini dibaluri parutan kelapa. Seiring berkembangnya zaman, penyajian buah melake tidak hanya parutan kelapa saja, bahkan parutan Keju menjadi pilihan.

Buah Melake rata-rata berasa manis. Diketahui, nama kue Buah Melake datangnya dari bentuk kue yang menyerupai buah pohon Melaka.

Saat bulan Ramadhan, Juadah ini sering menjadi hidangan buka puasa.

Belum pernah merasa Buah Melake ini? Jangan khawatir, kami sudah  menghimpun bagaimana cara pembuatan Kue Bulat manis ini, silahkan disimak.

Komposisi

  • 300 gr tepung ketan
  • 250 gr gula merah, potong-potong
  • Secukupnya air
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya daun pandan, peras (opsional)
  • 250 gr kelapa parut

Cara Membuat Kue Basah Buah Melaka Tepung Ketan Manis

  1. Campurkan tepung ketan dengan garam dalam wadah adonan lalu siramkan air ke dalam wadah adonan berisi campuran tepung ketan dan garam tadi secara perlahan sambil diaduk merata. Perhatikan, air yang disiramkan pastikan tidak membuat adonan menjadi encer.
  2. Sisihkan terlebih dahulu adonan tepung ketan yang tadi dibuat dan kemudian beralih ke tahap berikutnya yaitu memarut daun pandan kemudian menambahkannya dengan air sedikit saja lalu peras. Tampung perasa air daun pandan untuk dicampurkan nanti dengan adonan tepung sebagai pewarna alami adonan.
  3. Campurkan adonan tepung ketan dengan air perasan daun pandan dan aduk merata. Diamkan adonan hingga teksturnya sedikit mengeras.
  4. Setelah itu, adonan dibentuk bulat dengan menggunakan tangan.
  5. Sisipkan potongan gula merah ke dalam bulatan adonan lalu rebus sampai mengembang dan matang.

Disarikan dari Sumber:

Tinggalkan Balasan