Tanjungpinang Wakil KEPRI di Parade Tari Nusantara 2018 di Taman Mini

0
424 views

Natuna – Tim Kesenian Tanjungpinang Nomor Undian Tujuh yang diwakili Pusat Latihan Seni (PLS) Sanggam berhasil meraih Juara Umum pada helat Parade Tari Daerah tingkat Provinsi Kepulauan Riau di Ranai, Kabupaten Natuna, Rabu (11/7/2018).Tanjungpinang meraih penyaji terbaik I, penata musik terbaik, dan penata busana terbaik.

Penampilan gemilang PLS Sanggam yang menampilkan garapan tari bertajuk “Perkawinan diatas Gelombang” ini membuat takjub masyarakat Ranai yang memadati halaman pantai Kencana dan berhasil memukau Juri.

Berdasarkan Sinopsisnya, Perkawinan atas gelombang merupakan perkawinan orang suku laut. Dimana proses perkawinan ini sudah menjadi tradisi orang laut yang sampai hari ini masih dilestarikan.

Prosesi perkawinan atas gelombang ini diawali pengantin perempuan berkilau (bersamaan) ke pulau yang lainnya. Jaraknya dekat gaya selemparan batu. Sejumlah persyaratan dalam prosesi nikah suku laut seperti serampang, tombak maupun kajang lengkap harus ada di sampan mereka.

Berkat Penampilan gemilang ini, Tanjungpinang meraih nilai 915 menyisihkan Karimun yang tahun 2017 tampil sebagai yang terbaik dan memperoleh nilai 909.  Lingga juara 3 dengan nilai 894, Bintan di peringkat 4 dan Kota Batam peringkat 5, dengan nilai 855.

Secara otomatis tiket untuk menjadi wakil Provinsi Kepulauan Riau (KEPRI) pada helat akbar Parade Tari Nusantara Tahun 2018 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) digenggam oleh PLS Sanggam Tanjungpinang. Parade Tari Nusantara 2018 ini sendiri akan dihelat pada tanggal 19 Agustus 2018 di Sasono Langgeng Budaya TMII. (Adi Pranadipa)

Tinggalkan Balasan