Provinsi Riau memiliki berbagai kuliner yang unik. Tak hanya jenis makanan, tapi juga minuman. Di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), ada minuman yang unik. Namanya es air mata pengantin. Pada zaman dulu minuman ini biasa disajikan saat acara pernikahan maupun acara-acara lainnya yang mengandung unsur kebahagiaan. Sehingga seringkali orang menyebut minuman ini sebagai simbol dari air mata yang bahagia.

Es Air Mata Pengantin menyuguhkan cita rasa yang menyegarkan. Isinya tak jauh beda dengan sajian es campur pada umumnya. Di dalamnya terdapat berbagai macam agar-agar yang kenyal dan berwarna-warni. Selain itu, minuman ini juga dilengkapi dengan biji selasih, sirup, es batu. Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan blewah yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Tak perlu jauh-jauh ke Inhu atau menunggu pernikahan adat Riau untuk bisa menyantap segarnya es air mata pengantin. Anda bisa membuatnya di rumah dengan kreasi sendiri.
Minuman ini bisa dibilang mirip dengan es campur yang disajikan dengan beragam buah. Perpaduan cita rasa buah yang menggugah selera dicampur dengan manisnya agar-agar pastinya sangat menyegarkan di tenggorkan. Apalagi disajikan dingin dan disantap. Minuman ini tak hanya ada di Inhu, di kota lain di Riau, seperti Pekanbaru, es air mata pengantin juga dikenal.

Minuman Es Air Mata Pengantin masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2018. Es dari negeri para Raja itu masuk dalam kategori minuman tradisional terpopuler. Pada ajang pariwisata terpopuler Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018, Es Air Mata Pengantin bersaing ketat dengan 9 minuman tradisional dari provinsi lain. Ada Aia Aka (Kota Bukittinggi), Bir Pletok (Jakarta Selatan), Es Brenebon (Provinsi Gorontalo), Es Kelacin (Provinsi Sulawesi Barat), Es Nangka Selasih (Provinsi Kalimantan Selatan), Es Sekemu (Provinsi Banten), Jus Pinang (Provinsi Jambi), Loloh Cemcem (Kabupateb Bangli), dan satu lagi Markisa Brastagi (Kabupaten Karo Sumatera Utara). **

Tinggalkan Balasan